Sabtu, 26 Januari 2013

Bingkai Foto dari Kardus Bekas

Alhamdulillah... 
Prakarya ini menang dalam lomba kerajinan tangan from nothing to something yang diselenggarakan oleh grup facebook Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB)
Yuk simak cara membuatnya!

***

Setiap belanja bulanan, barang-barang yang saya beli selalu di packing dalam Kardus dan diikat dengan tali rafia. Lebih praktis, belanjaan gampang dibawa dan tidak tercecer. Hasilnya, di rumah jadi banyak tumpukan kardus dan tali rafia.

Kali ini saya ingin berkreasi membuat bingkai foto dari kardus, tali rafia dan sedotan koleksi anak-anak. Dengan hati-hati saya membuat pola dari kardus menggunakan gunting dan cutter.

Alat dan bahan

Kardus 3 pola

Ada 3 pola yaitu, persegi, huruf u dan persegi dengan bagian tengah yang dilubangi. Pola dengan bagian tengah yang lubangi akan digunakan sebagai bingkai depan. Untuk mendapatkan tekstur yang menarik, lepaslah lembaran pertama kardus hingga yang tampak permukaan yang bergelombang.

Bingkai Foto dengan Pita Rafia
Tempelkan ke 3 pola dengan lem. Buat penyangga bingkai dengan potongan kardus, rekatkan di bagian belakang. Untuk mempercantik bingkai, tambahkan bunga dari tali rafia dan diberi benang sari guntingan kertas origami.



  
Dan jadilah bingkai seperti berikut ini;

  

Bingkai Foto dengan Sedotan
Caranya sama dengan bingkai foto di atas. Bedanya, untuk bagian depan tidak perlu melepas lembaran pertama kardus, tapi langsung tempelkan sedotan dengan warna dan model sesuai selera. Dan jadilah kreasi bingkai foto berikut;


Dan keduanya bisa jadi pajangan di meja. Selamat mencoba ya!
      

***
Prakarya ini diikutsertakan dalam lomba kerajinan tangan from nothing to something di grup IIDB

9 komentar:

  1. Thanks ya tips nya :D membantu nih :) salam kenal :) kunjungi juga blog saya : http://diarydivaangelia.blogspot.com/ . Trims :)

    BalasHapus
  2. eem klo sedotannya dibuat kreasi lain ada contohnya
    klo gaka ada gpp
    makasih motivasinya
    wassalam

    BalasHapus